Sejak pertama kali diungkap oleh para pendiri Kubik Training dalam buku Kubik Leadership (2005), kata ‘SuksesMulia’ menyebar dan berkumandang dimana-mana. Dari ruang-ruang kelas hingga ke rumah-rumah ibadah. Dari lorong-lorong dingin perkantoran hingga bilik-bilik hangat kamar rumah.

SuksesMulia adalah sebuah perwujudan kehidupan terbaik yang kita semua mampu nikmati. Sukses ditandai dengan 4-TA (Harta, Tahta, Kata, Cinta) yang tinggi, dan Mulia ditandai dengan besarnya nilai manfaat yang kita berikan untuk orang lain. Sukses dan Mulia tidak boleh dipisahkan. Ia seperti dua sisi dari satu mata uang yang sama. Itulah sebabnya kedua kata itu ditulis menempel jadi satu, SuksesMulia.

Sebagian kita sudah mantap meniti jalan SuksesMulia, tapi sebagian lagi masih ragu dan bertanya, “kenapa harus SuksesMulia?” Itulah alasan saya menulis artikel ini. Saya berharap artikel ini bisa membantu menjawab pertanyaan itu, sehingga semua orang bisa segera memantapkan hatinya dan mulai melangkah di jalan SuksesMulia.

Alasan #1: SuksesMulia adalah kodrat (fitrah) manusia.

Ketika manusia berada dalam garis fitrahnya, maka ia akan selamat. Sementara mereka yang melanggar fitrah akan celaka. Perhatikan cara kita bernafas. kita hirup udara, kemudian hembuskan, hirup lagi, hembuskan lagi, begitu seterusnya. Itulah fitrah kita. Hidup ibarat bernafas, Anda harus raih sukses setinggi-tingginya (hirup nafas) kemudian lanjutkan dengan mulia, beri manfaat seluas-luasnya (hembuskan nafas), lalu ulangi prosesnya terus menerus. Apa yang terjadi ketika Anda melanggar fitrah ini? Sesak nafas? Pusing?

Hidup juga ibarat berjalan. Begitu satu langkah kaki terayun, segera lanjutkan dengan langkah kaki yang satunya, demikian seterusnya. Sukses harus segera diiringi dengan mulia, demikian pula sebaliknya. Semakin cepat Anda ‘berjalan’, maka semakin cepat Anda menikmati kehidupan terbaik. Apa yang terjadi ketika Anda berjalan hanya dengan satu kaki saja? Anda akan mudah tergelincir dan jatuh.

Alasan #2: SuksesMulia membantu gapai surga tertinggi

Ketika Anda memilih untuk berada di jalan SuksesMulia, maka Anda berada di sebuah garis kontinuum yang tidak ada batasnya. Raih 4-TA yang lebih banyak lagi supaya manfaat yang Anda berikan bisa lebih luas lagi. Kemuliaan yang lebih luas itu akhirnya akan membawa Anda pada sukses yang lebih tinggi lagi, demikian seterusnya. SuksesMulia menjadi spiral vertikal yang terus mengangkat Anda menuju tingkatan yang semakin tinggi.

Orang yang berada di jalan SuksesMulia tidak akan puas dengan pencapaiannya saat ini. Mereka akan terus terdorong untuk memberi lebih banyak, untuk itu mereka harus punya lebih banyak juga, supaya bisa beri lebih banyak lagi. Tuhan membuka pintu surganya yang tertinggi untuk siapa pun yang menginginkannya. Kenapa puas dengan apa yang Anda mampu berikan saat ini?

Alasan #3: SuksesMulia adalah warisan terbaik Anda.

Perjalanan hidup Anda suatu saat akan berakhir. Tongkat estafet akan Anda serahkan pada generasi berikutnya. Lalu apa warisan terbaik yang mampu Anda berikan untuk anak-anak Anda jika bukan teladan kehidupan terbaik SuksesMulia? Warisan kekayaan saja bisa menjerumuskan bahkan mencelakakan, tetapi teladan SuksesMulia akan menjadi pegangan dan tuntunan abadi untuk anak-anak Anda.

Apa perwujudan cinta yang paling tinggi yang bisa anda tunjukkan pada anak-anak Anda? Bekal apa yang Anda akan berikan pada mereka agar mereka mampu menikmati kehidupan terbaiknya? Apa teladan yang Anda tunjukkan agar Tuhan meninggikan derajat mereka di antara manusia lainnya? Hidup SuksesMulia.

Demikianlah ketiga alasan kenapa kita harus SuksesMulia. Semoga mampu membantu meyakinkan Anda untuk segera mulai meniti jalan SuksesMulia. Ya Tuhan, mudahkanlah jalan kami ini. Amin.

Leave a comment