Sadarkah kamu bahwa para pemenang punya kecenderungan untuk selalu menang, sementara sebaliknya, si kalah cenderung untuk selalu kalah? Aneh? Atau wajar? Apapun pendapatmu, itulah faktanya.  Berdasarkan hasil risetnya, Rosabeth Moss Kanter, seorang profesor di Harvard menemukan 10 alasan kenapa pemenang cenderung untuk terus menang, sedangkan si kalah cenderung terus kalah.

Berikut ini saya uraikan 10 temuannya. Setelah itu saya akan bantu Anda cara untuk bisa terus jadi pemenang.

Temuan 1. Pemenang merasa senang. Mood positif mendongkrak energi fisik dan daya juang untuk menang bahkan ketika tertinggal.Si kalah merasa kecewa. Mood jeleknya meracuni fisik dan pikirannya, menciptakan banyak alasan untuk berhenti berjuang.

Temuan 2. Pemenang bergaul dengan pemenang. Saling berbagi ilmu dan pengalaman. Si kalah langsung pulang.

Temuan 3. Pemenang secara sukarela menerima feedback negatif dan mendiskusikan kesalahannya, karena percaya diri. Si kalah cenderung defensif dan tidak mau mendengar tentang kesalahannya. Mereka jadi sulit belajar.

Temuan 4. Pemenang fokus pada hasil akhir terbaik, apapun itu. Si kalah menghukum dirinya sendiri ketika kalah.

Temuan 5. Pemenang cenderung apresiatif terhadap orang lain. Si kalah cenderung menyalahkan orang lain.

Temuan 6. Pemenang cenderung dapat banyak dukungan dari sekitarnya. Si kalah kehilangan dukungan.

Temuan 7. Pemenang didukung oleh opini publik yang positif. Si kalah harus bekerja dibawah opini negatif.

Temuan 8. Pemenang dapat akses hubungan dan jaringan yang bisa menjaga momentum keberhasilan. Si kalah dapat apa?

Temuan 9. Pemenang diberikan panggung. Si kalah ‘diceramahi’.

Temuan 10. Pemenang punya tim solid yang berkelanjutan. Si kalah waktu dan tenaganya habis untuk bongkar pasang tim.

Nah tuh, enak kan kalau kita bisa jadi pemenang? Kita akan berada pada posisi terbaik untuk menang lagi di masa datang. Tapi bukankah kita tidak selalu menang? Kadang kalah, dan tidak hanya sekali. Jangan sampai keterusan. Apa yang harus dilakukan?

Berikut ini adalah 3 tips dari saya untuk menjagamu tetap jadi pemenang:

Pertama. Biasakan meraih kemenangan2 kecil dalam hidup dan pekerjaanmu. Jangan paksakan diri untuk selalu menang besar. Kemenangan2 kecilmu akan membuatmu percaya diri untuk nantinya melompat meraih kemenangan yang lebih besar.

Kedua. Ketika kamu kalah, terima dan tersenyumlah. Itu akan menjaga mood positif kamu. Kemudian belajar dari situ. Kemudian tanding lagi. Pilih yang tidak sesulit sebelumnya tapi tetap menantang. Raihlah kemenangan. Raih kepercayaan diri. Jadikan itu sebagai momentum untuk naik ke kelas pertandingan yang lebih tinggi lagi. Seperti yang kamu inginkan.

Ketiga. Ini yang paling penting. Dalam pertandingan apapun. Lakukanlah untuk mengejar ilmu dan prestasi, bukan untuk imbalan materi. Gagal menerima materi menghancurkan semangatmu. Gagal mendapat ilmu dan prestasi membuatmu tambah penasaran.

Semoga manfaat.

Leave a comment